Belajar Fisika Menyenangkan di BSD

Ubah pandangan kia terhadap sains

Ubah pandangan kia terhadap sains

Jika ditanyakan apa yang ada di kepala kita ketika mendengar kata sains, apa yang kira-kira akan anda sebutkan? Biasanya sih tidak jauh-jauh yah seputar rumus, hitung-hitungan, susah, ribet dan yang susah-susah pokoknya. Bahkan bagi beberapa orang mereka ada yang sangat membenci sains terutama fisika. Karena menurut mereka untuk apa kita menghitung kecepatan buah apel yang terjatuh dari pohonnya, ya semacam itulah.

Well, semua orang bebas untuk berekspresi di negara yang demokratis ini. Namun coba deh anda renungkan sejenak, apa jadinya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi jika ilmu pengetahuan atau sains tidak dikembangkan di dunia ini. Bisakah kita menikmati perkembangan yang ada di dunia hingga saat ini? Jadi sebaiknya tidak perlu benci terhadap pelajaran yang satu ini.

Fisika Itu Ternyata Bisa Menyenangkan

Mempelajari fisika dengan menyenangkan

Mempelajari fisika dengan menyenangkan

Kebanyakan orang membenci cabang ilmu sains karena terlalu banyak rumus yang harus dihapalkan. Padahal sebenarnya tidak harus seperti itu. Khususnya untuk pelajaran fisika, semua soal tentang fisika sebenarnya bisa kita selesaikan jika kita mengetahui konsepnya. Ingat yah, konsep buan rumus. Jadi sesungguhnya mindset masyarakat kita tentang hapalan rumus itu tidak 100% benar.

Lalu bagaimana cara untuk kita bisa mengerti konsep? Itu semua tergantung dari cara penyampaian pengajar kepada murid-muridnya. Selain dari pengajar, apakah ada cara bagi seorang siswa bisa mengetahui konsep dari ilmu fisika? Tentu saja ada,  yaitu dengan melakukan percobaan atau eksprimen sains. Tapi kan eksperimen seperti itu bahaya kalau tidak didampingi oleh ahlinya, iya kan?

Nah untuk itu lah mengapa saat ini ada banyak tempat kursus bertebaran. Bukan hanya di ibukota, bahkan di berbagai wilayah luar jakarta pun kini sudah banyak tempat les sains seperti fisika, kimia, matematika dan biologi. Salah satunya yaitu ada di daerah Serpong, Tangerang Selatan.  Tempat kursus yang bernama YXGK Science Lab ini menawarkan pengalaman belajar fisika yang menyenangkan.

Eksperimen Fisika Oleh YXGK Science Lab Serpong

Salah satu cara untuk bisa mempelajari Fisika dengan mempelajari fisika dengan mudah dan menyenangkan adalah dengan melakukan percobaan atau eksperimen. Ada salah satu tempat les fisika di daerah Serpong, Tangerang Selatan yang memiliki metode pengajaran dengan eksperimen sains. Berikut adalah contoh percobaan sains yang menjadi pengajaran YXGK Science Lab Serpong.

Percobaan Roket Cuka

Percobaan Roket Cuka

Alat dan Bahan

  • Botol plastik 600 ml, bisa lebih atau kurang
  • Cuka makan atau cuka 95% dari toko kimia
  • Soda kue. Bukan baking powder, tapi baking soda. Ini berarti NaHCO3 (natrium bikarbonat)
  • Sumbat yang dapat menutup mulut botol dengan kuat, misalnya gabus atau tutup rol film
  • Tisu
  • Banyak air untuk membilas tumpahan cuka

Cara Eksperimen

  • Encerkan cuka sebanyak 50 ml hingga menjadi 200 ml, masukkan dalam botol 600 ml.
  • Ambil soda kue satu sendok makan, bungkus tisu satu atau dua lapis. Pegang botol miring 70 derajat dari tegak, masukkan gumpalan tisu bersoda kue, lalu langsung tutup dengan sumbat.
  • Kocok botol lalu langsung taruh dengan mulutnya di bawah.
  • Jika bahan dan langkahnya benar, maka akan timbul gelembung gas pada tahap ini.
  • Tunggu tekanan gas di dalam botol cukup besar, sehingga sumbat tidak kuat menahan dan roketnya meluncur.
  • Kocok lagi jika terjadi reaksi apapun dalam satu menit. Seharusnya roket akan meluncur di tangan.

Penjelasan

  • Reaksi: soda kue + asam cuka → asam karbonat + garam natrium asetat (Asam karbonat (H2CO3) tidak bisa ada dalam konsentrasi besar, karena ada reaksi kesetimbangan).
  • Reaksi: Asam karbonat ↔ karbon dioksida + air (Jadi, timbul gas karbon dioksida. Jumlahnya bisa dihitung. Tekanannya juga. Ini mengingatkan akan apa yang terjadi jika tablet effervescent dilarutkan dalam air. Reaksi yang terjadi mirip).

 

This entry was posted in Fisika and tagged , , , . Bookmark the permalink. Both comments and trackbacks are currently closed.