Benarkah Belajar Matematika Itu Sulit?

Jika anda pernah bertanya kepada anak-anak usia sekolah, ‘Pelajaran apa yang paling sulit di sekolah?’. Maka mayoritas murid akan menjawab ‘Matematika!’. Pelajaran matematika hingga saat ini pun masih menjadi salah satu bidang studi yang  ‘menakutkan’ bagi sebagian besar siswa. Selain pelajarannya yang memang sulit, gaya mengajar sang guru juga  bisa jadi berpengaruh terhadap respon siswa.

Belajar Matematika dengan menyenangkan

Belajar Matematika dengan menyenangkan

Stereotip seorang guru matematika di mata siswa sekolah memang tidak pernah lepas dari kesan angker, galak, killer dan masih banyak lagi. Intinya guru matematika sangat jauh dari kesan santai, asik dan menyenangkan menurut pandangan para murid. Hal ini tentu mempengaruhi proses pemahaman siswa ketika kegiatan belajar mengajar.

Untuk mengatasi tidak efektifnya  proses pembelajaran matematika anak di sekolah, kursus kerap kali menjadi pilihan. Ada yang mengikuti les secara privat dengan memanggil guru ke rumah. Namun tidak sedikit juga yang mendaftar ke tempat les matematika. Apapun langkah yang diambil sebenarnya tidak akan terlalu memberikan efek yang signifikan jika kita mengetahui apa saja faktor penyebab anak kesulitan belajar matematika.

Kursus Matematika Menyenangkan di BSD

Kursus Matematika menyenangkan di BSD

Kursus Matematika menyenangkan di BSD

Masyarakat seringkali memiliki mindset negatif terhadap pelajaran matematika. Kesan matematika yang cenderung sulit serta seringkali memiliki pengajar yang kaku membuat minat anak untuk belajar matematika merosot. Akhirnya yang terjadi adalah anak menjadi tidak bisa menerima pelajaran dengan baik. Akibatnya nilai matematika pun menjadi  jelek di raport.

Dan yang lebih mengenaskan lagi, mayoritas masyarakat masih menganggap nilai rapor adalah tolak ukur keberhasilan siswa. Orang masih banyak yang lebih mementingkan hasil daripada proses. Inilah yang membuat anak menjadi stres akibat tekanan berlebihan yang diberikan oleh orang tua mereka. Tujuan orang tua hanya satu yaitu agar mereka tidak minder ketika membicarakan anak di depan teman-temannya.

Karena semakin kesini semakin banyak orang tua yang berlaku seperti itu, akhirnya kami memutuskan untuk membuka kelas untuk kursus matematika. Terletak di wilayah BSD, YXGK Math Lab menawarkan pengalaman belajar matematika yang tidak hanya mudah, tetapi juga menyenangkan. Dengan begitu diharapan stigma anak anda terhadap matematika akan jauh membaik.

Guru Menjadi Faktor Penting Dalam Belajar Matematika

Selain dari diri sendiri, faktor pengajar juga sangat penting bagi keberhasilan anak belajar matematika. Oleh karena itu seorang guru harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Berikut adalah klasifikasi syarat-syarat yang diperlukan untuk menjadi seorang guru:

Guru Matematika erat dengan kesan Killer

Guru Matematika erat dengan kesan Killer

  • Administratif
    Kewarganegaraannya adalah warga negara Indonesia, umur sekurang-kurangnya 18 tahun, berkelakuan baik, mengajukan permohonan, lulusan lembaga pendidikan guru, seperti IKIP FKIP (Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan), dan FT (Fakultas tarbiyah).
  • Teknis
    Seorang guru harus memiliki pendidikan keguruan. Ini sebagai tolak ukur jika guru dinilai sudah mampu mengajar. Menguasai cara dan teknik mengajar, terampil mendisain program pengajaran, memiliki motivasi dan cita-cita memajukan pendidikan.
  • Psikis
    Sehat rohani, dewasa dalam berpikir dan bertindak, mampu mengendalikan emosi, sabar, ramah dan sopan, memiliki jiwa keguruan dan kepemimpinan, konsekuen dan berani bertanggung jawab, berani berkorban dan memiliki jiwa pengabdian. Mematuhi norma dan nilai yang berlaku serta memiliki sikap menyenangi profesi keguruan.
  • Fisik
    Berbadan sehat, tidak memiliki cacat tubuh yang mungkin menganggu pekerjaannya, tidak memiliki gejala-gejala penyakit menular. Kerapian dan kebersihan juga jadi penilaian, termasuk bagaimana cara berpakaian. Sebab guru akan selalu dilihat, diamati dan bahkan dinilai oleh para siswa.
This entry was posted in Matematika and tagged , , , . Bookmark the permalink. Both comments and trackbacks are currently closed.