Main Game Berguna Untuk Belajar Bahasa Inggris

Kemampuan untuk menguasai lebih dari satu bahasa merupakan hal yang sangat berguna di jaman modern saat ini Globalisasi memang menuntut kita untuk bisa bersaing secara global, ini artinya kita akan bersaing dengan orang di seluruh dunia. Bukan bersaing dengan sesama orang Indonesia saja, atau bahkan orang yang sebaya kita saja.

Belajar bahasa inggris dengan Whisper Game

Belajar bahasa inggris dengan Whisper Game

Dalam persaingan global semacam ini, tentu kita dituntut untuk memiliki sejumlah kemampua dan keterampilan. Perbedaan value (nilai) seseorang terhadap yang lainnya sangat mempengaruhi nasib kita di persaingan global. Ya, tentu saja semua orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

Memang mustahil jika kita berniat untuk bisa menguasai seluruh bidang. Namun ada satu hal yang ternyata jika dipelajari akan membuat kita mendapatkan keuntungan serupa. Hal tersebut adalah kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa inggris. Memiliki kemampuan berbahasa inggris membuka kesempatan kita untuk belajar hal lain lebih besar.

Meskipun sangat bermanfaat, tidak semua orang bisa memiliki kesempatan dan kemauan untuk mempelajari bahasa inggris. Banyak faktor yang membuat masyarakat tanah air tidak mempelajari bahasa inggris. Hal yang paling utama adalah ekonomi dan ketertarikan terhadap bahasa inggris itu sendiri.

YXGK Serpong, Belajar Bahasa Inggris Lewat Video Game

Tidak semua orang memiliki ketertarikan untuk belajar bahasa inggris. Kebanyakan dari mereka tidak tertarik karena malas, sulit serta kehidupan yang lemah dari sisi ekonomi. Selain itu, kurangnya tenaga pengajar bahasa inggris yang berkualitas membuat pelajaran bahasa inggris tersebut menjadi membosankan.

Youtubers melakukan permainan Whisper Game

Youtubers melakukan permainan Whisper Game

Namun di jaman modern seperti saat ini, hal tersebut tidak lagi menjadi alasan untuk kesulitan belajar bahasa inggris. Sebab kini sudah banyak sekali tempat kursus bahasa inggris di berbagai daerah. Jika tidak memiliki biaya, ada beberapa tempar les bahasa inggris yag menawarkan program beasiswa.

Dan kalau masih kurang, ada sebuah tempat belajar bahasa inggris yang melakukan proses belajar mengajar dengan metode unik. Salah satu metode nya adalah dengan meggunakan media video game. Apakah bisa belajar bahasa inggris dengan menggunakan video game? Berikut adalah cara belajar bahasa inggris lewat ggame:

Ternyata yang dia lakukan hanya bermain video game setiap hari dengan menerapkan 3 hal. Apa saja 3 hal tersebut? Berikut adalah daftarnya:

  • Meaning = Context + Definition
    Ketika kita masih kecil orang tua kita tidak menjelaskan kita satu per satu apa kata untuk ini atau itu. Mereka hanya menjelaskan basicnya dan kita secara intuitif menginterpertasi sendiri sisanya. Gunakan intuisi anak kecil anda untuk belajar bahasa Inggris.
  • Catat Kosakata Baru dan Cari Artinya
    Catat kosakata yang baru pertama kali anda temui dalam video, catat
  • Putting It All Together
    Ketika membalas chat ketimbang bilang: “oke!”, cobalah bilang: “alright then!”. Terasa janggal pada awalnya memang. Namun jika anda sudah terbiasa maka terkadang anda akan sangat sulit jika tidak bicara bahasa inggris.

Games Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Whisper dapat membantu melatih kemampuan listening

Whisper dapat membantu melatih kemampuan listening

  • Whisper Race
    Membagi peserta permainan ke dalam dua tim. Peserta membisikan kata yang telah diberikan oleh sang lawan hingga ke peserta terakhir.  Kata yang diberikan tersebut harus dilafalkan secara lengkap oleh orang terakhir. Apabila salah sebut atau kurang lengkap maka tim tersebut kalah.
  • Action Game
    Games ini dilakukan dengan membacakan sebuah cerita lalu coba praktikkan setiap bagian kata dalam cerita yang dapat dipraktekkan. Baerilah sedikit hukuman lucu-lucuan untuk mereka yang salah mempraktekan. Action game ini juga dapat memperkaya kosa kata kita dalam bahasa inggris.
  • Market Game
    Berilah satu kalimat pertama yang gagasannya mengarah pada kegiatan berbelanja di pasar, sebagai contohnya. Perhatikan setiap peserta yang memberikan kalimat, apakah susunan grammar, penguasaan kosa kata, dan pelafalan katanya sudah baik. Dengan saling mengoreksi, Anda juga bisa sambil belajar.
This entry was posted in Inggris and tagged , , , . Bookmark the permalink. Both comments and trackbacks are currently closed.